Friday, March 14, 2014

“Di Tanah Abang Itu Untung-Untungan Mba, Siapa yang Berjuang Dia yang Untung"

Allah selalu punya cara untuk membuat hamba-Nya bersyukur. Dimanapun, kapanpun jika kita tau bagaimana mengambil hikmah dari setiap perjalanan hidup ini.”

Jum'at Mubarak, 14 Maret 2014

Hari ini seperti biasanya saya selalu berangkat kerja dengan kereta. Hanya saja dua hari ini saya naik kereta yang ketiga. Seperti biasa kereta tak pernah sepi dari penggemarnya, apalagi kereta yang ketiga ini penumpangnya lebih padat daripada kereta yang kedua. Layaknya hari-hari sebelumnya, didalam kereta sembari menghabiskan waktu biasanya saya membaca buku atau main hp. Namun hari ini, saya mendapat kisah menarik dari seorang ibu yang berjualan masakan di Pasar Tanah Abang. Saya mendengar langsung kisah ini dari mulut si Ibu sendiri, karena si Ibu ini bercerita dengan temannya tepat dibelakang saya bahkan saya langsung fokus mendengarkan ceritanya dan memasukan buku juga hp saya ke dalam tas. Ceritanya tidak saya ingat dari awal, karena saya hanya benar-benar menyimak ditengah-tengah si ibu ini bercerita, kira-kira seperti inilah ceritanya:

Saya biasa jualan minuman mba, tapi saya lagi coba untuk jualan nasi goreng, baru merintis sih ini, tapi ternyata butuh modal yang banyak ya jual nasi goreng itu. Saya mah ya mba, kalo ada yang ngambil es batu saya, sedotan saya, gelas, kopi, atau apa gitu saya biarin aja mba, lagian rezeki mah dari mana-mana ya. Saya sama suami saya beda jauh mba, waktu itu saya nikah dia umur 35 sedang saya 21. Suami saya udah gak kerja mba, di udah di PHK dari PLN. Tapi suami saya mah ya mba gak bisa hidup susah kali ya, jadi kaget pas di PHK. Saya mah rela mba dikasih berapapun sama suami saya, sya juga rela buat gantiin dia kerja. Mertua saya juga sekarang berubah mba, dulu baik banget sama saya, sekarang berubah. Saya pernah sempet mau cerai loh mba, waktu itu saya udah gak tahan sama kelakuan suami saya. Rumah saya kan yang di Vila Bintaro itu dijual, nah uang hasil jual rumahnya itu kan dibagi – bagi, nah bagian suami saya diambil semua sama dia, saya cuma kebagian. . . (lupa angka persisnya), tapi uangnya saya gak tau abis kemana. Dia kan hobinya mancing mba, kemungkinan uangnya habis kesana. Alhamdulillahnya suami saya udah gak judi lagi mba.

Dulu saya pernah sempet marah banget sama dia mba, saya udah capek sama kelakuannya dia, waktu itu saya bener-bener marah sama dia terus saya bilang sama dia, kalo dia gak berubah selama dua tahun ini saya mau minta cerai, saya minta dia buat berpikir, berubah, dan harusnya dia malu sama adik-adiknya, karena adik-adiknya udah pada sukses semua. Suami saya pernah saya ajak buat ikut saya jualan di Tanah Abang cuman dia malu kali ya mba, jarak saya sama dia kan beda jauh mba, dia suka dikira bapak saya, dari sana dia gak mau lagi ikut saya jualan. Akhirnya dia lebih milih buat ngurus anaknya dirumah ketimbang ikut saya jualan, yah yaudah saya mau bagaimana lagi yang penting dia udah berubah. Dulu mba selama saya kesel sama suami atau saya punya masalah saya lebih baik cerita sama buku, kaya novelis gitu, hehehe. Sampe suami saya pernah negur saya, waktu itu saya lagi nangis, suami saya bilang ke saya udah jangan nangis lagi, malu nanti kalo kebaca orang catatannya, yaudah saya bilang aja daripada saya cerita sama orang mending saya nulis aja kan bang. Saya ya mba kalo ada masalah gak pernah cerita sama siapa-siapa, saya sudah habisin berapa buku buat curhat. Jualan di Tanah Abang mah mba untung-untungan, siapa yang berjuang dia yang untung.”

Kira-kira seperti itulah kisahnya. Tak kerasa saya sudah sampe tujuan, Tanah Abang. Sungguh, hari ini saya benar-benar menikmati perjalanan pagi ini. Ketika saya tahu kalau saya sudah sampai Tanah Abang saya sempet kesel dalam hati, “kenapa harus udah sampe sih, kalo belum kan bisa dengerin ibunya cerita”.

Ibu ini keren dan saya salut sama dia dan dia adalah perempuan yang kuat. Pertama, dia bisa ikhlas untuk jadi “kepala keluarga” bagi keluarganya yang seharusnya itu adalah tanggung jawab suaminya. Bahkan dalam mencari nafkahnya dia dengan ikhlas jika barang jualannya ada yang “diambil”.

Kedua, ibu ini sangat tabah menghadapi suaminya yang “kaget” karena phk. Dengan sabar dia mengurusi sikap suami dan ibu mertuanya yang berubah. Sebenernya ada cerita tentang bagaimana sikap adik iparnya yang-seharusnya-tidak-dilakukan, hanya saja saya samar-samar mengingatnya. Kesabaran yang diceritakannya membuat saya yang mendengar malu. Ibu ini juga pernah jadi baby sitter dan diomelin habis-habisan karena dia berhenti tiba-tiba.

Dan yang paling bikin saya kagum sama dia adalah dia bisa menyimpan semua masalahnya sendiri sampai akhirnya si suaminya mengetahui sendiri bagaiamana penderitaannya dia selama ini. Mungkin catatan harian si ibu ini bisa di bikin novel^^.

*Untuk cerita tentang si ibu, ada beberapa kalimat yang saya tambahkan dan menggunakan kalimat saya sendiri, namun inti ceritanya tak mengubah kisah dari si ibu ini, hanya saja ada penambahan kalimat-kalimatnya.*

No comments:

Post a Comment