Sunday, September 21, 2014

Give Away - Buku Pertamamu

Sebenarnya sangat beruntunglah bagi orang-orang yang gabung di grup KBI ini. Karena di grup ini sering bikin kuis. Tapi beruntunglah bagi yang bisa punya kesempatan ikut kyis. Karena kuisnya sering dadakan. :)). Nah kali ini saya mau coba ikut give awaynya Kak Dwi. Awalnya agak bingung mau ikutan kuis Kak Dwi untuk menuliskan buku pertama yang dibaca. Pikunnya saya ini yang bikin anu sama ingetan saya soal buku pertama yang saya baca. Baru-baru inget pas udah mau dekati deadline :))

Jadi, saya akan coba posting dua buku. Yang satu buku pertama yang saya baca waktu kecil. Dan yang kedua buku pertama yang membuat saya semakin penasaran untuk gali lebih jauh tentang budaya Indonesia.

1. Kisah Putri Duyung

Inilah buku pertama yang saya baca waktu kecil. Bukunya entah sudah dimana, saya lupa hehehe. Buku ini saya baca ketika umur saya sudah menginjak usia empat tahun. Buku ini dibelikan oleh tante saya yang memang hobinya suka membelikan saya buku cerita.

Sama seperti kisah barbie lainnya yang pada akhir ceritanya hidup bahagia dengan pangeran yang dicintainya, kisah dibuku ini adalah kisah dari seorang putri duyung yang punya keinginan untuk mencari seorang pangerang dari alamnya yang beda. Suatu hari si putri duyung ini sedang bermain mengelilingi lautan. Saat itu keadaan cuaca sedang buruk. Badai kemudian menenggelamkan sebuah kapal. Dan saat itulah putri duyung ini menemukan seorang pangerang yang jatuh pingsan di dalam laut. Putri duyung ini lalu membawa pangeran ini ke atas laut. Putri duyung lalu menaruh pangeran itu di pinggir pantai. Putri duyungpun lalu memberikan pengobatan pada pangeran tersebut. Setelah tersadar pangeran dan putri duyung ini saling jatuh cinta, namun ia sadar kalau ia bukan berasal dari bangsa manusia. Demi hidup bahagia dengan sang pangerang, putri duyung akhirnya minum ramuan agar ia bisa menjadi seorang manusia dan kemudian menikah dengan sang pangerang (agak lupa persisnya bagaimana ketika si putri duyung ini minta ramuan ke siapa) dengan syarat ia dikeluarkan dari kerajaan putri duyung :))

Saya suka banget sama buku ini. Sama seperti buku anak lainnya, buku ini full colour, tiap halamannya penuh gambar, dan gara-gara buku ini pula saya jadi terobsesi sama barbie waktu itu. Sempat waktu itu pengen ikut lomba 17 Agustus yang masukin bendera ke dalam botol, hadiahnya boneka barbie. Dan saya bertekad untuk menangin lomba itu, dan akhirnya dapet :)). Dan dari buku inilah saya jadi seneng kalo dibeliin buku cerita sama orang, apalagi sama tante :), dan mulai dari buku inilah saya mulai suka mengumpulkan buku :)) walau buku ini udah wallahualam kemana T_T

2. Manusia Langit

Hahaha. Ini mungkin jauh dari tujuan Kak Dwi bikin kuis ini. Buku ini saya baca baru setahun yang lalu. Buku ini ditulis oleh J.A Sonjaya seorang dosen arkeolog di salah satu universitas di Yogyakarta. Buku Manusia Langit ini menjelaskan tentang salah satu suku di Nias, yaitu suku Banuaha. Demi apapun buku ini asyik banget buat dibaca. Memang sih buku ini lebih banyak menceritakan tentang budaya perkawinan di Suku Banuaha tersebut. Bagaimana seorang laki-laki yang harus membayar mahal mahar untuk mengawini seorang gadis asli keturunan sana. Tapi selain menceritakan budaya perkawinan disana, ia juga memceritakan tentang hal "mistis" bayi yang dimakan oleh "hantu" yang ternyata bayi-bayi tersebut dibunuh oleh orangtuanya sendiri yang takut tak sanggup membiayai hidupnya. Dari awal mulai mengumpulkan buku, saya memang lebih memilih ke buku agama dan buku yang tentang sejarah. Awalnya beli buku ini hanya karena iseng liat buku murah. Dan saya sungguh-sungguh sangat bersyukur karena buat saya buku sebagus ini bisa dapet dengan harga Rp. 15 ribu saja.

Buku inilah buku pertama yang membuat saya semakin jatuh cinta sama Indonesia. Saya gak menyangka kalau Indonesia bisa "sekaya" itu. Dari buku ini saya tahu, dari Nias saja, Indonesia punya beberapa suku, salah satunya adalah Banuaha, lalu gimana jadinya kalo dari setiap tempat di Indonesia dibeberkan suku-sukunya :33.  Dari rasa penasaran inilah, akhirnya saya tanya-tanya tentang Nias ke salah satu teman komunitas yang asli Nias. Saya jadi semakin nganu untuk ngumpulin buku sejenis ini, jadi semangat untuk datang ke acara yang memang menampilkan tentang budaya kita. Intinya dari buku inilah saya jadi tak punya alasan untuk tak mencintai negeri ini.

~~Sekiann, :333

No comments:

Post a Comment