Thursday, December 12, 2013

Ibu Guru Rima "Sebuah Hati yang Ikhlas Untuk Anak-Anak di Pedalaman Riau". (Tahap 1)

Keadaan langit kala fajar itu sepi, langit masih dalam keadaan gelapnya, embun masih setia menemani daunnya, suara kokok ayam membangunkan penduduk sambil bersahut-sahutan dengan suara seseorang yang sedang melantukan ayat-ayat suci Al-Qur'an dari pojok surau itu. Orang-orang di desa itu masih enggan untuk keluar dari peraduannya, udara masih dingin. Tapi disalah satu rumah penduduk di desa tersebut, seorang wanita dan anaknya yang masih belia sudah asik berisik. Kala itu jam masih menunjukkan pukul 3.00 WIB.
Mamak jadi berangkat?”
Jadi sayang.”
Mamak yakin? Mamak masih kurang sehat, kata Pak Muis Mamak masih belum boleh kerja terlalu capek, nanti Mamak tambah sakit.”
Iya Nisa, Mamak tau kok, tapi Mamak enggak betah diem mulu di rumah, bosen.”
Biar Nisa saja ya yang menggantikan Mamak.”
Tidak perlu, kamu itu besok masih harus sekolah, apa tugasmu sudah dikerjakan?”
kebetulan besok gak ada tugas kok, ulangan pun tidak ada, atau Nisa ikut nemenin Mamak saja ya.” Ajak Nisa pada Mamaknya.
Hmm. . . ndak perlu lah, kamu ndak boleh terlalu capek, tugasmu saat ini adalah belajar, kalaupun kamu ingin bantu Mamak, kamu cukup bantu jaga toko dan beres-beres rumah. Belajar yang rajin, raih prestasi terbaikmu. Mamak gak memaksa kamu harus juara kelas asal kamu sudah lakukan yang terbaik, itu sudah cukup buat Mamak. Akan ada saatnya nanti kamu bisa ikut Mamak mengajar di sekolah itu, ngerti Nis?”
Iya mak Nisa ngerti kok, jadi pengen cepet-cepet ke “waktu yang ditentukan itu” Nisa gak sabar hehehe. yasudah Nisa siapkan keperluan Mamak dulu ya, Mamak mau dMamakatkan apa, teh manis anget atau teh biasa aja?”
Seperti biasa saja Nis.” Senyum Mamak pada Nisa.
***

2 comments: